Wisma Iskandarsyah Blok A-10 Jl. Iskandarsyah Raya Kav. 12 - 14 Jakarta Selatan 12160 adm.dewisundari@gmail.com 0857 6211 8383

7 Cara Berdamai Dan Menerima Kesalahan Pasangan

Pernahkah pasangan melakukan kesalahan yang membuat Anda berpikir ulang untuk memaafkannya? Padahal rasa sayang dan cinta untuknya masih sangat besar, dan dia pun sudah meminta maaf. Untuk mempertahankan hubungan, tak ada salahnya Anda memaafkan pasangan dan berdamai dengan kesalahan yang sudah dilakukannya.

Daftar Cara Berdamai dengan Kesalahan Pasangan

1. Ingat Hal Paling Indah Bersamanya

Ketika pasangan Anda membuat kesalahan, sebesar apapun kesalahannya cobalah untuk mengingat hal-hal indah yang pernah kalian lewati bersama. Ingat ketika dia pertama kali mengungkapkan cinta, menjaga Anda ketika sakit, atau kejutan-kejutan manis yang diberikannya pada momen-momen spesial.

Apakah tidak menyesal rasanya jika Anda menolak untuk memaafkannya? Ketika Anda tak bisa memaafkannya, tentu momen tersebut tak akan bisa Anda rasakan di masa yang akan datang. Coba renungkan kembali!

2. Semua Orang Pernah Salah

Mungkin saat ini dialah yang membuat kesalahan, tapi apakah sebelum kejadian ini Anda tak pernah membuat kesalahan? Pastinya pernah dan ternyata dia memaafkan semua kesalahan Anda, jadi kalau dia bisa melupakan kesalahan Anda, kenapa hal sebaliknya tak bisa dilakukan!

3. Kenapa Anda Mencintainya?

Coba ingat-ingat lagi apa alasan Anda mencintainya dan memutuskan untuk menjalin hubungan, pasti ada sisi baik dari pasangan yang membuat Anda nyaman. Misalnya karena dia sangat sabar menghadapi keluh kesah, kemudian sangat sayang pada keluarga, atau selalu memprioritaskan Anda ketimbang yang lain.

Dengan mengingat hal itu, Anda bisa berpikir lebih jernih dan bukan hanya fokus pada kesalahannya saja. Alhasil berdamai dengan kesalahan pasangan bisa dilakukan, untuk mempertahankan hubungan.

4. Memaafkan itu Hebat

Tuhan saja maha pemaaf, kenapa umatnya tidak bisa? Coba resapi kalimat tersebut, Anda akan menemukan jawaban bahwa Anda berhak memaafkan dan membuat hubungan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tapi memang harus ada komitmen baru, agar Anda dan pasangan tidak melakukan kesalahan yang akan kembali merusak hubungan.

5. Melupakan Lebih Baik

Memang bukan hal yang mudah untuk melupakan kesalahan pasangan, apalagi kalau sangat membekas di hati. Misalnya perlakuan kasar hingga selingkuh, kalau dia bersungguh-sungguh ingin berubah tak ada salahnya beri kesempatan. Lalu lupakanlah kesalahannya dan mulai lagi hubungan dari awal dengan merubah sikap buruk masing-masing.

Mungkin di awalnya berat namun ketika tekad kalian kuat untuk memperbaiki hubungan dan mengantisipasi saling menyakitkan. Maka, melupakan kesalahan akan jadi lebih mudah dilakukan.

6. Jangan Langsung Emosi

Beri ruang untuk menelaah apa kesalahan yang dilakukan pasangan, jangan langsung menghujaninya dengan emosi tak terkendali. Apalagi memutuskan hubungan di saat emosi belum stabil, yang ada Anda hanya akan menyesal di kemudian hari atas keputusan yang sudah diambil tersebut.

Cobalah untuk minta waktu sendiri, pergi sesaat dari hadapan pasangan. Pikirkan apa yang terjadi dengan jernih agar Anda bisa menghadapinya dengan lebih bijaksana. Bila perlu stop komunikasi dalam bentuk apapun hingga kondisi perasaan Anda sudah membaik. Jadi saat membicarakan kesalahannya, jadi lebih tenang.

7. Ikhlas dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Cobalah untuk mengikhlaskan apa yang sudah terjadi. Walau berat tapi itu akan menjadi sebuah pengalaman luar biasa dalam berhubungan. Apalagi kalau Anda sudah bisa berdamai dengan diri sendiri, dan menganggap kesalahan yang dilakukannya itu hanya kerikil kecil dalam hubungan hebat kalian.

Banyak cara menerima kesalahan pasangan yang bisa Anda lakukan, jika memang ingin mempertahankan hubungan. Yang perlu diingat adalah ketika menerima seseorang menjadi pasangan, maka seharusnya Anda juga menerima kekurangan dan kemungkinannya dalam melakukan kesalahan. Sebab bisa jadi suatu saat nanti giliran Anda yang melakukan kesalahan.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!