Wisma Iskandarsyah Blok A-10 Jl. Iskandarsyah Raya Kav. 12 - 14 Jakarta Selatan 12160 adm.dewisundari@gmail.com 0857 6211 8383

Sudah Menikah Bertahun-Tahun, Tapi Masih Ingat Mantan. Harus Bagaimana?

Bahasan kita kali ini, kaitannya adalah dengan hubungan rumah tangga. Yaitu tentang harus bagaimana, bila kita masih terus ingat pada mantan kekasih kita, padahal statusnya saat ini kita sudah menikah dengan orang lain.

Makin hari, pertanyaan semacam ini makin sering saya terima. Kebanyakan dari para istri, tetapi tidak sedikit juga suami yang mengeluhkan hal serupa.

Intinya sama. Sudah menikah selama bertahun-tahun. Sudah punya dua atau tiga orang anak, tetapi sampai sekarang masih tidak bisa melupakan mantan pasangannya. Padahal si mantan pasangan ini pun sudah berkeluarga.

Perasaan seperti ini, tentu saja menyiksa. Dan kebanyakan orang tentu saja berharap bisa lepas dari perasaan yang tidak semestinya.

Tetapi caranya bagaimana? Karena seperti yang kita tahu, menghapuskan rasa itu tidak mudah. Bila Anda terjebak dalam situasi semacam ini, yang pertama perlu Anda lakukan adalah jangan terlalu memaksakan diri, untuk langsung melupakan yang bersangkutan dalam seketika. Karena memang tidak ada jalan instan untuk menuju kesana.


Baca Juga :


Semakin Anda berusaha melupakannya, maka justru akan semakin kuat Anda mengingat dia. Akan lebih bijaksana, bila hal pertama yang Anda lakukan adalah membuang, atau mengembalikan barang apapun yang berpotensi mengingatkan Anda pada sang mantan.

Selanjutnya, pastikan Anda tidak berteman dengan mantan Anda di media sosial. Bila perlu, putuskan semua komunikasi. Tidak perlu Anda peduli, ataupun sengaja mencari tahu, tentang bagaimana kehidupannya sekarang.

Fokuslah pada kehidupan Anda sendiri, pada rumah tangga dan keluarga Anda sendiri. Karena semakin Anda mencari tahu tentang kehidupannya sekarang, akan semakin dalam luka hati Anda sendiri.

Lalu yang ketiga, bersyukurilah. Atas semua yang Anda miliki saat ini. Berhentilah membandingkan pasangan Anda, dengan mantan Anda tersebut. Di dunia ini, tidak ada manusia yang sempurna. Ada kurangnya, ya pasti ada lebihnya. Ada lebihnya, ya pasti ada kurangnya pula.

Bila perlu, tuliskanlah semua kelebihan suami Anda. Buatlah daftar. Ingatlah bagaimana ia memperjuangkan Anda. Sehingga Anda bisa melihat, bahwa yang Anda miliki saat ini, sudah lebih dari cukup.

Keempat, fokuslah pada kehidupan Anda saat ini. Mantan Anda, sesungguhnya hanya hidup di dalam masa lalu Anda saja. Semua pertengkaran dan kenangan indah bersamanya, lupakanlah. Ingatlah bahwa kehadirannya hanyalah sepenggal episode yang telah lewat.

Sebuah episode yang mengantarkan Anda pada hari ini, dimana Anda diberikan kesempatan untuk menempuh bahtera rumah tangga, dengan pasangan Anda sendiri.Jadikan hubungan lama yang telah kandas ini sebagai sebuah pelajaran. Dan jangan sampai pernikahan Anda berakhir sama tragisnya.

Kemudian yang terakhir, atau yang kelima, ciptakanlah romantisme dengan pasangan Anda. Karena seringkali, kita masih teringat pada mantan pasangan, semata-mata karena ada yang tidak berjalan baik, dengan hubungan kita saat ini.

Jadi sebenarnya sama sekali bukan karena cinta. Bukan karena Anda tergila-gila pada dia. Bukan karena Anda dipelet. Juga bukan karena dialah orang terbaik di dunia. Tetapi karena Anda merasa tidak puas, dengan rumah tangga Anda. Maka inilah yang perlu dibenahi.

Luangkanlah waktu bersama pasangan. Ciptakan kehidupan rumah tangga yang penuh kasih, saling mencintai, dan terfokus pada tujuan yang sama ke depannya.

Seindah apapun masa lalu Anda bersama orang lain, masa depan Anda bersama pasangan, akan tetap lebih indah lagi. Untuk itu, tidak perlu berlarut-larut dalam perasaan Anda. Terima dan hadapilah apa adanya, sadarilah bahwa Anda pun berhak untuk bahagia. Tanpa harus terus menerus memikirkan orang yang telah meninggalkan Anda.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!